Sikap

Dana Aspirasi : Bukan Lahan Basah Korupsi (2)

www.keywordsking.com
Written by Disna Riantina

Oleh : Disna Riantina

 

Padahal, dana tersebut dapat dimanfaat sebaik-baiknya untuk kesejahteraan daerah. misalnya dipergunakan untuk pembangunan jalan, sekolah, rumah sakit, irigasi, dan fasilitas umum lainnya guna dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Kemudian, juga dapat digunakan untuk pengembangan UMKM serta koperasi-koperasi petani atau kelompok kerja masyarakat lainnya. UMKM dan koperasi-koperasi kelompok kerja masyarakat ini tentu harus didukung, agar ekonomi lokal dapat berkembang dan bersaing. Poin pentingnya disini, karena amanah dari Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, pasal 80 huruf j yang menyebutkan ”Anggota DPR berhak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan”.

Bekerja demi membangun daerah, harus dilakukan dengan hati dan nurani. Dengan menggunakan hati dan nurani, godaan-godaan penyelewengan anggaran dapat dihindari. Bekerja untuk pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat harus dikerjakan dengan ikhlas dan gigih, ini dasarnya amanah. Setelah seseorang terpilih menjadi wakil rakyat, dipundak orang tersebut sebagian nasib rakyat tertumpang, dan dimulutnya aspirasi rakyat tertampung untuk disampaikan. Sehingga, jangan menjadi wakil rakyat yang memutus mandataris rakyat setelah terpilih.

Perilaku ini bukan hanya mencemarkan nama DPR sebagai lembaga tempat bernaungnya para wakil rakyat, sehingga citra DPR akan selalu buruk. Tetapi, lebih dari itu adalah krisis legitimasi terhadap wakil rakyat dan rakyat perlahan akan abai terhadap politik. Imbasnya, tentu angka partisipasi politik masyarakat yang turun.

 

#Politikbermartabat  #Politikgagasan

About the author

Disna Riantina

Leave a Comment