Sikap

Kasus Ratna Sarumpaet Harus Segera Clear

Written by Disna Riantina

Oleh : Disna Riantina

Beredarnya berita mengenai penganiayaan yang dialami Ratna Sarumpaet, membuat kita miris. Yang bersangkutan kabarnya dianiaya oleh beberapa orang di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung pada 21 September lalu.

Namun kini informasi yang beredar tidak lagi tunggal. Dari yang semula kasus penganiayaan, kemudian muncul kabar lain bahwa Ratna Sarumpaet (RS) bukan dianiaya, melainkan operasi plastik (oplas). Hal ini tentu membuat kebenaran informasi menjadi tak menentu, lantaran dua informasi yang tengah beredar saling bertentangan.

Kasus ini harus segera clear, baik Ratna Sarumpaet harus mengklarifikasi informasi lain yang beredar, maupun Polri juga harus mengafirmasi kepada Ratna Sarumpaet perihal informasi yang sebenarnya. Kemudian hasilnya diumumkan kepada publik secepatnya. Jangan biarkan informasi ini semakin liar, karena imbasnya bisa mengarah kepada gejolak antara dua kubu yang bertarung pada pemilu 2019. Gejolak di media sosial perihal kejadian riil sudah bisa kita lihat, dan saling bersinggungan.

Jika itu benar penganiayaan, maka Polri harus segera menangkap para pelaku, karena betapa biadapnya para pelaku dengan menganiaya perempuan yang tidak bersalah. Namun jika tidak benar ada penganiayaan, maka terhadap informasi hoaks ini Polri juga harus secepatnya bertindak. Jangan biarkan demokrasi kita ternoda oleh dua hal ini, yaitu keterancaman mereka yang kritis berpendapat maupun penyebaran berita hoaks.

 

About the author

Disna Riantina

Leave a Comment