Sikap

Tentang Wakil Rakyat

mutiarazuhud.wordpress.com
Written by Disna Riantina

Oleh : Disna Riantina

Ada satu hal yang penting untuk dibahas ketika seseorang ingin menjadi wakil rakyat, apakah itu didaerah, provinsi maupun pusat, yaitu perihal niat awalnya. Bagi saya, menjadi wakil rakyat itu substansinya adalah mengemban amanah dan kepercayaan rakyat untuk diperjuangkan di parlemen. Menjadi wakil rakyat bukan menjadi sebuah jabatan yang bersubstansi mengumpulkan lumbung uang. Saya tidak ingin posisi wakil rakyat diisi dan dijadikan sarang orang-orang pragmatis dan oportunis untuk mencari kekuasaan dan uang.

Tetapi, disana adalah rumah bagi orang-orang yang dipercaya rakyat untuk mewakili mereka dan mendengar aspirasi mereka demi kebijakan yang merakyat, sehingga tidak boleh terputus mandat tersebut ketika di calon wakil rakyat itu telah duduk sebagai wakil rakyat. Dana-dana yang seharusnya dialokasikan untuk rakyat atau program untuk rakyat, memang harus seutuhnya diberikan ke rakyat, bukan malah masuk kantong pribadi atau kelompok.

Wakil rakyat merupakan orang-orang yang harus memiliki sense of crisis. Kepekaan sosial dan gotong royong seharusnya menjadi modal utama yang dimiliki mereka, bukan uang. Kepekaan sosial untuk melihat kondisi masyarakat yang mereka wakili, dan kemudian berfikir bagaimana menyejahterakan mereka melalui kebijakan-kebijakan. Orang-orang yang menjadi wakil rakyat, menurut saya tidak boleh bersifat elite, tetapi mereka harus berjiwa gotong royong. Agar berimplikasi kepada sinergitas wakil rakyat dengan yang diwakili, dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam politik.

#Politikbermartabat
#Politiksehat
#Politikbersih

About the author

Disna Riantina

Leave a Comment